SUMBER DAYA INTERNET

SUMBER DAYA INTERNET

BER DAYA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISUSUN OLEH:

NAMA : MARTINI  S.

 NIM      : 2012221109

 

STIE NOBEL INDONESIA MAKASSAR

T.A.2012/2013

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan limpahan rahmat danTaufik-Nyalah sehingga kami dapat menyusun makalah ini yang di dalamnya Membahas tentang “SUMBER DAYA INTERNET ”. Walaupun terlihat sangat sederhana, namun kami telah menyusun makalah ini dengan semaksimal mungkin, sesuai dengan materi yang kami peroleh dengan berbagai cara dalam mengumpulkan materi-materi yang bersangkutan. Dan kami berharap mudah-mudahan melalui isi yang terdapat dalam makalah ini dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Kami juga sangat berterima kasih kepada bapak “AMIR ALI,ST.,MM ” yang telah memberikan tugas kepada kami, karena dengan adanya tugas ini kami dapat menambah ilmu pengetahuan yang mana pada dasarnya belum kami ketahui sebelumnya. Dan terima kasih juga kepada teman-teman yang telah membantu kami dalam menyusun makalah ini. Akhirnya atas nama penyusun, berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca, dapat menambah pengetahuan dan wawasan , dan demi kesempurnaan makalah ini, kami juga sangat mengharapkan saran dan kritikan dari para pembaca, apabila dalam makalah ini terdapat kekeliruan mohon dimaafkan, karena itu semua membuktikan bahwa manusia itu tidak lupuk dari kesalahan.

 

 

 

MAKASSAR,16 september  2013

PENULIS

 

 

 

          (MARTINI S.)

DAFTAR ISI

                                                                         

HALAMAN SAMPUL  …………………………………………………………………………….. i

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………………ii

DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………..iii

 

BAB I             PENDAHULUAN ………………………………………………………………

  1. Latar Belakang …………………………………………………………. 1
  2. Tujuan …………………………………………………………………….. 1

BAB II                        PEMBAHASAN………………………. ………………………………. 3

  1. E-mail…………………………………………………….5
  2. Newsgroup……………………………………………….7
  3. Mailing list………………………………………………..8
  4. IRC……………………………………………………….9
  5. Telnet……………………………………………………..12
  6. FTP……………………………………………………….12
  7. Gopher……………………………………………………14
  8. Archie…………………………………………………….15
  9. Veronica………………………………………………….16
  10. WWW……………………………………………………16

BAB III          PENUTUP …………………………………………………………………………20

  1. Kesimpula ……………………………………………………………….20

BAB IV          DAFTAR PUSTAKA……………………………………………22

 

 

 

 

 

     BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Pembelajaran ini akan membahas tentang internet khususnya pada Sumber Daya Internet ini sangat penting untuk masa depan Mahasiswa dan mahasiswi dalam menghadapi pekerjaan yang akan mereka lakukan di masa depan, oleh karena itu mempelajari hal ini sangat penting untuk masa depan kita.

Mahasiswa dan mahasiswi akan mudah mendapatkan pekerjaan  apabila mahasiswa dan mahasiswi tersebut mengetahui adanya , baik itu melamar pekerjaan, atau sumber daya internet bahkan membuka usaha sendiri dengan cara mengupayakan orang – orang yang ada di sekitarnya untuk dijadikan sebagai tenaga kerja.

 

  1. Rumusan Masalah
  1. Apakah itu sumber daya internet ?
  2. Apakah yang melatar belakangi sehingga adanya sumber daya internet?

 

  1. Tujuan

Makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca, khususnya kepada Mahasiswa dan mahasiswi pembuat makalah agar nantinya dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif yang sesuai dengan tingkat perkembangan mahasiswa dan materi pembelajaran.

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

Pengertian Sumber Daya Internet

 

Sebuah jaringan komputer adalah prosedur beserta berbagai metode teknis untuk saling menghubungkan berbagai alat dan sumber daya komputer yang ada (interkoneksi), sehingga dapat saling bertukar data atau bertukar informasi, dengan menggunakan sumber daya dalam jaringan yang ada secara bersama-sama.Misalnya seseorang dapat menggunakan layanan internet dengan satu line telepon (Dial Up atau ISDN) berikut satu internet account dari provider. Untuk kemudian diatur sedemikian rupa, sehingga semua orang dalam kantor dapat menikmati fasilitas internet yang dibagi-bagi tersebut.  Sejarah awalnya Internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka. Saat ini pengguna Internet tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 250 juta orang. Berikut ini sumber-sumber daya internet yang dapat dilakukan manusia untuk berkomunikasi lewat jaringan internet.

  1. Pengertian Internet

Secara harfiah internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Sedangkan Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Jadi, Internet bisa diartikan sebagai suatu jaringan global dari jaringan-jaringan dan navigasi dipermudah oleh world wide web, kaitan dokumen–dokumen hypermedia. Walau Internet dan web menawarkan potensi yang sangat besar, terdapat peluang penyalahgunaan.

2. Sejarah Internet

Internet bermula dari sebuah jaringan riset yang didanai oleh Advanced Research Project Agency (ARPA) Departemen Pertahanan AS, ketika node pertama dari ARPANET diinstal di Universitas California di Los Angeles pada bulan Septber 1969. Pada pertengahan tahun 1970, “internetwork” ARPANET mencakup lebih dari 30 universitas, situs-situs militer, kontraktor pemerintah, dan basis penggunanya meluas sampai kepada komunitas riset ilmu komputer yang lebih besar. Menjelang tahun 1983, jaringan masih terdiri dari beberapa ratus komputer dalam beberapa local area network.

Pada tahun 1985, National Science Foundation (NSF) dibentuk oleh ARPA untuk mendukung sebuah kolaborasi mengenai supercomputing center dan peneliti ilmu komputer melalui ARPANET. NSF juga mendanai program untuk mengembangkan backbone dari ARPANET, menaikkan bandwidth-nya dari 56 Kbps menjadi T-1 dan kemudian T-3 dan mengembangkan hubungan dengan situs internasional di Eropa dan Timur Jauh.

Di tahun 1989, tanggung jawab dan manajemen ARPANET telah resmi beralih dari kepentingan militer menjadi NSF berorientasi akademik. Organisasi-organisasi riset dan universitas-universitas menjadi pecandu berat “Internet”. Banyak peraturan-peraturan dan etika-etika Internet yang dikembangkan.

Semakin banyak perusahaan swasta dan organisasi yang terhubung dengan Internet, menjelang pertengahan tahun 1990-an, internet telah memiliki koneksi ke lebih dari 60 negara dan lebih dari 2 juta host komputer dengan lebih dari 15 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Penggunaan internet untuk komersial dan bisnis belum diizinkan sampai tahun 1992, tetapi sejak itu bisnis telah menjadi pemacu internet. Menjelang tahun 2001, terdapat 109.574.429 domain host dan 407,1 juta pengguna Internet, mewakili 6,71 persen dari seluruh populasi dunia.

3. Internet Pada Saat Ini

Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB). Protokol-protokol internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.

Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella

http://elektro.unand ac.id

 

A.    Email

Pengertian e-mail dapat di tinjau dari kepanjangannya terlebih dahulu. Email merupakan singkatan dari electronic mail atau surat elektronik. Lebih jauh, pengeritan E-mail atau electronic mail atau surat elektronik adalah salah satu jenis layanan internet yang dapat digunakan untuk berkirim surat secara elektronik. Surat akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan kepadanya. Tiap pengguna internet memiliki alamat yang unik, persis seperti nomor telepon kita. Setiap orang bahkan bisa memiliki lebih dari satu alamat email sama seperti nomor HP yang satu orang bisa memiliki puluhan nomor. Alamat email terdiri atas dua bagian yang dipisahkan oleh tanda @. Bagian pertama merupakan user-id dan bagian kedua menunjukan penyedia layanan e-mail,misalnya kang.moes@yahoo.com, kang.moes merupakan user-id nya sedangakan gmail merupakan penyedia layanan e- mail. (cara membuat email di yahoo)

Ada 2 jenis layanan e-mail, yaitu email web-based dan non web-based. Untuk dapat menggunakan e-mail yang web-based kita harus mendaftar terlebih dahulu melalui siitus yang disediakan, contohnya  gmail.com, mail.yahoo.com, dan lain – lain, sedangkan untuk yang non web based pendaftaran dilakukan melalui administrator penyedia layanan.

Surat Elektronis  : E-Mail (Electronic Mail)

Aplikasi yang memungkinkan seseorang mengirimkan surat elektronik ke orang lain yang berada di lokasi yang berjauhan dengannya, dengan syarat keduanya memiliki koneksi ke internet. Agar seseorang bisa memiliki alamat surat internet (e-mail) maka dia harus mendaptarkan diri pada satu penyedia layanan, baik secara offline maupun secara online.

 

1.1.   Alamat e-Mail

Untuk menggunakan email dengan mendaptarkan alamat kepada penyedia layanan pengguna dapat menggunakan perangkat lunak berupa Eudora, Outlook Express, KMail ataupun langsung menggunakan mail pada web-web yang menyediakan fasilitas email seperti : www.yahoo.co.id, www.hotmail.com. dll.

Untuk dapat berkomunikasi via email pengguna harus memiliki alamat email yang telah didaftarkan dan alamat email teman yang akan dikirimkan email. Contoh alamat email :

Abdullah_89@unri.ac.id

 

1.2.  Isi  e-Mail

–          To : menyatakan alamat email tujuan yang akan dikirim surat.

–          CC : (carbon COPY) alamat orang lain yang akan mendapatkan tembusan surat.

–          Bcc : (blind carbon copy) : alamat orang yang mendapatkan tembusan tetapi orang yang di To  tidak mengetahui bahwa email ditmbuskan kepada Bcc ini.

–          Subject : Kepala surat sebagai gambaaran isi surat bahwa orang yang dikirim mengetahui gambaran isi surat yang dikirimkan kepadanya.

–          Attachment (att.  sisipan / berkas)

Sisipan file berupa document, vide ataupun gambar yang turut dilampirkan dan dikirimkan bersamaan dengan surat.

1.3.  Etika mengirim  e-Mail

Etika dalam pemgiriman email  (netetiquete atau internetetiquette) :

–   Hindari Penggunaan Huruf  Kapital pada seluruh pesan.

Dapat diartikan sebagai teriakan, marah dan tidak sopan, untuk penggunaan pada kata-kata tertenru masih diperkenankan.

–   Hindari pengiriman sisipan/berkas yang sangat besar (terkecuali jika diminta.

–   Jika menjawab email kutipan yang dikembalikan ke sipengirim semula hanya yang relevan saja (jangan semuanya).

–   Hindari penggunaan kata-kata, pedas, tidak sopan dan menyinggung.

–   Hindari kesalahan penulisan, tatabahasa, ejaan dan tidak  perlu mengkritik pada saat anda menerima pesan dari orang lain.

–   Bacalah FAQ (Frequently Asked Question) jika anda baru bergabung dalam sebuah group diskusi (mailling list)

FAQ : Atursn yang harus dipenuhi oleh anggota group doskusi untuk berkomunikasi.

EX. Mailist PSP :

–   Gunakan Singkatan seperlunya (BTW=By the way dll), gunakan Emoticon pada pengiriman surat yang tidak rsmi/formal :

J : Senyum

L : mengerutkan dahi

😉 : mengedipkan mata

😮 : terkejut.dll

1.4.  E-mail Sampah

Spam atau junk mail berupa surat yang berisikan ikaln atau surat berantai yang biasanya menjengkelkan dan dapat dihapus menggunakan pilihan pada web penyedia layanan.

 

  1. .Newsgroup

News  group adalah suatu kelompok diskusi yang tidak menggunakan email. Diskusi dilakukan dengan menggunakan koneksi langsung kelokasi newsgroup. Untuk mengakses newsgroup diperlukan perangkat lunak newsreader yang dipasang pada computer klien.

SEJARAH

Khususnya mengenai hirarki bermula ketika pada awal penggunaan newsgrop ini semua berita masuk ke dalam sebuah hirarki yang bernama net.* yang berisi bebagai jenis berita. Kemudia pada tahun 1986-1987 terjadi sebuah penamaan atau pengelompokkan secara lebih detail untuk mempermuda pemilihan jenis berita. Pengelompokan ini menciptakan 7 hirarki yang dinamakan “ The Big 7 “ ( com.* news.* sci.* rec.* soc.* talk.* misc.* ).

The Big 7 di jalankan oleh sebuah kelompok atau komunitas yang bernama “usenet”. Dan dalam perkembangannya ada topik-topik semacam obat-obatan, resep, dan seks yang ternyata tidak di perbolehkan dimasukkan kelompok The Big 7. Maka salah satu jalan keluarnya di buatlah sebuah hirarki baru yaitu alt.*

Pada tahun 1995 karena di buatlah hirarki baru yang dinamakan humanities.* yang berisi berita atau bahasan mengenai filsafat, literatur, humaniora, dll. Dan seiring perkembangannya humanities.* ini masuk dalam kelompok The Big 7 , yang lalu disebut sebagai “The Big 8.”

 

  1. C.    Mailing List

 

Mailing List juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest). Ada dua level pengelompokan mailing list, pertama dikelompokan per “Lead Group” dan level kedua dikelompokan per “Lead Status”, dimana dalam satu “Lead Group” bisa terdapat lebih dari satu “Lead Status”. Anda bisa gunakan “Lead Group” dan “Lead Status” untuk apapun, misalkan anda menentukan “Lead Group” sebagai nama website anda dan “Lead Status” bisa seperti “Prospek”, “Anggota”, “Beli”, dsb. Mailing List adalah daftar alamat e-mail, nama, dan informasi tambahan lainnya mengenai masing-masing lead (seperti nama kota tempat tinggal, nomor telepon dan seterusnya). Tetapi bagaimana alamat e-mail masuk ke dalam daftar sebagai urutan pertama? Banyak cara yang bisa anda lakukan.

Anda bisa tambahkan secara manual satu-per-satu; diperlukan waktu yang lama jika anda memasukkan alamat e-mail dalam jumlah banyak (lihat Adding/Removing by Hand). Akan sangat mudah dan cepat untuk memasukkan alamat e-mail dalam jumlah banyak dengan cara import dari file text (lihat Import Mailing List). Dan yang terakhir, caranya orang bisa subscribe dengan mengisi form sign-up pada website anda (lihat Opt-in dan Opt-out).

 

  1. Internet Relay Chat ( IRC )

 

Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi, terlebih bisa berjalan di semua System Operasi. IRC diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nickname “WiZ”) pada akhir Agustus 1988 untuk menggantikan program di BBS yang disebut MUT (MultiUser Talk), di Finlandia di sebut OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet Relay Chat yang beroperasi di dalam Jaringan Bitnet. Dia membuat IRC client dan IRC server di Universitas Oulu, Finlandia (Pada saat dia bekerja di Departemen Informasi Ilmu Pengetahuan). Sekarang IRC sudah digunakan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Pada tahun 1992 Internet Relay Chat kemudian disempurnakan tepatnya pada saat perang gurun. Antara periode ini, informasi diterima dan disalurkan ke seluruh dunia sehingga karena dengan IRC manusia dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date dan dapat dipercaya.

Beberapa istilah di IRC

  • Net Split : Netsplit adalah kondisi dimana network bisa terpisahkan, sehingga pengguna akan terpisahkan dengan pemain-pemain lain. Lamanya split ini tidak bisa ditebak, kadang hanya terjadi sebentar saja, tetapi terkadang juga dapat memakan waktu sampai berhari-hari.
  • Lag : Gangguan yang paling umum adalah “lag”, dimana terjadi semacam hambatan (“delay”) antara waktu saat pengguna mengetikkan suatu kalimat, dan waktu saat pemain lain membacanya. Cara mengatasinya adalah dengan memilih server yang dekat karena dapat mengurangi lag. Lag dapat diukur dengan menggunakan perintah /ping. Hal ini dapat ditanggulangi dengan mengganti server Anda, dengan menggunakan perintah /server nama.server.
  • Ping Pong : Untuk para pengguna mIRC: Ping? Pong! di status, artinya server baru saja melakukan “ping” kepada client. Sebenarnya tujuannya adalah untuk melihat apakah pengguna masih berhubungan dengan server, dan Anda secara otomatis menjawab dengan “pong”. Hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan.
  • DCC : Perintah DCC Service dapat digunakan untuk menjalin hubungan langsung dengan satu orang yang bebas lag dan tidak akan diputuskan oleh netsplit. Pada client-client umum, dapat menjalin hubungan dcc dengan mengetikkan perintah /dcc chat nick. Untuk berbicara dengan user lain, bahkan bisa untuk melakukan pertukaran file.
  • CTCP : Client to client protocol, sebuah protokol yang berguna agar pesan yang dikirim sampai pada client lain dalam suatu network server yang sama.

Client
Sebuah program perangkat lunak yang tersedia untuk semua sistem operasi komputer yang mendukung TCP / IP networking. IRC Client terbagi dalam 3 jenis, Client, Bot, dan Bouncer, yang masing-masing mempunyai kegunaannya sendiri.

  • Client Software

Perangkat lunak IRC Client yang paling populer adalah mIRC yang hanya bisa di jalankan di sistem operasi Windows, dibandingkan dengan Client lainnya seperti Miranda IM, KVIrc, Trillian, Pidgin, XChat, dan XiRCON. Berbeda dengan IRC Client sistem operasi Unix dan Linux seperti BitchX, irssi, KVIrc, XChat, Konversation dan tradisional ircII dan derivatif. Bahkan saat ini IRC Client berbasis Web juga sudah banyak seperti Mibbit dan WebIRC.

  • Bot Software

Perangkat lunak otomatis atau biasa disebut Bot. Saat ini Bot banyak digunakan sebagai titik pusat kontak untuk pertukaran informasi dan perlindungan untuk saluran yang mereka layani, karena kecepatan mereka yang lebih unggul bila dibandingkan dengan manusia. Hingga saat ini Bot masih tetap populer dan terus disesuaikan dengan tugas-tugas baru dan tak terduga.Bot dapat ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. IRC bot biasanya menerapkan antarmuka agar pengguna dapat berkomunikasi dan mengontrol fungsi yang dimiliki oleh Bot itu sendiri.

  • Bouncer Software

Sebuah program yang berjalan sebagai daemon pada server dan berfungsi sebagai proxy persisten yang lebih dikenal sebagai BNC. Bertujuan untuk mempertahankan koneksi ke server IRC, Bouncer bertindak sebagai perantara antara server dan klien, atau hanya untuk bertindak sebagai proxy jika pengguna kehilangan konektivitas jaringan. Bouncer dapat tetap terhubung dan mendokumentasikan semua lalu lintas data yang terjadi saat pengguna kehilangan, yang memungkinkan pengguna untuk melanjutkan sesi IRC-nya tanpa menggangu koneksi mereka ke server. Selanjutnya, sebagai cara untuk mendapatkan efek seperti tukang pukul, klien IRC (biasanya berbasis teks, misalnya irssi) dapat berjalan di sebuah selalu pada server yang menghubungkan pengguna melalui ssh. Ini juga memungkinkan perangkat yang hanya memiliki fungsi ssh, namun tidak ada klien IRC yang sebenarnya diinstal sendiri, untuk terhubung ke IRC, dan memungkinkan berbagi sesi IRC.

   

 

 

  1. Telnet

Telnet adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di Internet atau jaringan area lokal untuk menyediakan fasilitas interaktif dua arah berorientasi teks komunikasi menggunakan koneksi terminal virtual. User data di-band diselingi dengan informasi kontrol Telnet dalam koneksi data 8-bit byte berorientasi selama Transmission Control Protocol (TCP).

Telnet dikembangkan pada tahun 1969 dimulai dengan RFC 15, diperpanjangdalam RFC 854, dan distandarisasi sebagai Internet Engineering Task Force (IETF) Standar Internet STD 8, salah satu standar Internet pertama. Secara historis, Telnet menyediakan akses ke antarmuka command-line (biasanya, dari sebuah sistem operasi) pada remote host. Sebagian besar peralatan jaringan dan sistem operasi dengan TCP / IP stack mendukung layanan telnet untuk konfigurasi jauh (termasuk sistem berbasis Windows NT). Karena masalah keamanan dengan Telnet, digunakan untuk tujuan ini telah menyusut dalam mendukung SSH. Para telnet panjang juga dapat merujuk kepada perangkat lunak yang mengimplementasikan bagian klien protokol. aplikasi klien Telnet yang tersedia untuk hampir semua platform komputer. Telnet juga digunakan sebagai kata kerja. Untuk telnet berarti membuat koneksi dengan protokol Telnet, baik dengan klien baris perintah atau dengan antarmuka program. Sebagai contoh, sebuah direktif umum mungkin: “Untuk mengubah sandi Anda, telnet ke server, login dan menjalankan perintah passwd.” Paling sering, seorang pengguna akan telnet ke sistem Unix-like server atau perangkat jaringan (seperti router) dan mendapatkan prompt login ke antarmuka baris perintah teks atau manajer layar penuh berbasis karakter.

 

  1. File Transfer Protocol ( FTP )

File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).

Tujuan FTP server adalah sebagai berikut :

1.Untuk men-sharing data.

2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer

3. Untuk menyediakan teempat penyimpanan bagi user.

4. Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

FTP biasanya menggunakan dua buah port yaitu port 20 dan 21 dan berjalan exclusively melalui TCP. FTP server Listen pada port 21 untuk incoming connection dari FTP client. Biasanya port 21 untuk command port dan port 20 untuk data port. Pada FTP server, terdapat 2 mode koneksi yaitu aktif mode dan pasif mode. untuk penggunaan ftp itu kita bisa download sendiri softwarenya atau langsung saja melalui comment. biasanya aplikasi yang saya pake untuk upload dan download adalah WsFtp_LE, kenapa kita menggunakan aplikasi itu karena aplikasi itu cukup simpel dan ringan buat di gunakan. jadi walaupun kita punya komputer yang minimum tapi kita akan ringan untuk menjalankannya.

kalau cara penggunaan software wsftp cukup simpel anda tinggal login dan terus di lanjutkan denga me-drag file yang mana yang mau anda upload atau download.ada lagi kita bisa menggunakan ftp lewat comment yang default biasanya ada di windows. untuk langkah-langkah penggunaannya adalah. kita masuk ke menu Start–>>Run, terus ketikan command, kemudian anda tentukan folder tempat file yang mau anda upload atau di mana tempat kita menaruh file yang mau kita download.

setelah masuk ke folder yang di maksud kemudian anda ketikan ftp , sebagai contoh ftp aminudin.net dan kemudian dia akan conect ke server yang kita tuju sama seperti yang lainnya kita juga harus memasukan user dan password ftp kita. setelah anda masuk maka anda akan masuk ke menu home ftp kita.anda bisa melihat isi dari home tersebut dengan perintah ls maka kemudian akan muncul rincian file dan folder yang kita miliki. kalau anda mau masuk ke folder lain. sama sepeti biasa-biasanya yaitu dengan memasukan perintah cd sebagai contoh adalah cd public_html. setelah anda masuk ke folder yang kita tuju maka kita bisa langsung saja upload atau download. untuk perintah-perintahnya kalau anda belum tau maka anda tinggal masukan saja tanda “?” sebagai contoh ftp> ? maka akan muncul lish-lish perintah-perintah yang bisa di gunakan di sini. untuk upload file sendiri mengguanakan perintah PUT sebagai contoh ftp>put amin.jpg maka akan langsung file tersebut di upload dari komputer kita ke server. atau anda juga bisa download file yang ada di server ke komputer kita dengan menggunakan perintah get sebagai contoh ftp>get amin.jpg maka file tersebuat akan di copy dari server ke komputer kita. kalau anda telah selesai dengan semua proses maka anda dapat menutup atau keluar dari layanan ftp dengan menggunakan perintah bye.

 

  1. G.    Gopher

            Gopher adalah, Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server gopher. Pengertian Gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.

Gopher yang memiliki sistem berbasis menu paling dasar ini menyediakan konektifitas yang saling berhubungan antara file-file pada komputer-komputer Internet. File-file ini nampak seperti direktori berseri di seputar menu Gopher yang sebenarnya file-file tersebut berlokasi di komputer lain.

Gopher menyediakan akses ke dokumen teks, Grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan sebuah dokumen, yang harus didownload ke komputer lokal, dan baru kemudian dapat dilihat dengan program lain. Gopher juga memungkinkan akses ke beberapa fasilitas lain yang ada diinternet seperti Telnet untuk melakukan hubungan komunikasi jarak jauh.

Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah user tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat mengakses berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan otomatisasi dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki.

 

  1. H.    Archie

SEJARAH

Alat pertama kali yang digunakan melakukan pencarian melalui internet disebut “Archie”. Diciptakan tahun 1990 oleh Alan Emtage,siswa dari Universitas Mcgill di Montreal. Program tersebut mendownload daftar direktori dari semua file dan ditempatkan pada alamat FTP, menciptakan suatu filename database yang bisa dicari.

 

PENGERTIAN

Archie  adalah fasilitas pencarian informasi di Internet dengan mengetikan tittle (judul) topik.

 

  1. I.       Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Netwide Index to Computer Archieves)

        Veronica adalah fasilitas pencarian informasi di Internet dengan mengetikan tittle (judul) topik.

        Veronica yang berfungsi untuk mencari file yang disimpan dalam sistem index Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) menyediakan pencarian menggunakan kata kunci di menu judul dalam seluruh daftar Gopher.

 

  1.    World Wide Web

World Wide Web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Sampai saat ini ada beberapa software web browser yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla dan Opera. Software-software ini nanti akan dibahas secara detail dalam bagian lain di Mata Kuliah Desain Grafis Web. World Wide Web atau WWW atau singkatnya web, terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh dunia di komputer-komputer server yang terhubung dengan Internet. Situs-situs seperti http://www.yahoo.com atau http://www.microsoft.com adalah web site yang sudah lama ada dan menyediakan banyak sekali fasilitas sehingga halaman dalam situs ini juga sangat banyak.

Halaman Web adalah halaman yang tampak dari sebuah software web browser. Halaman ini seperti file dokumen word-processing, kecuali didalamnya dapat terkandung text, gambar bahkan animasi. Untuk dapat membuat halaman web ini anda harus memiliki pengetahuan tentang skrip (script) HTML (hyper-text markup language). HTML akan dibahas lebih mendetail dalam bagian lain di mata kuliah ini. Situs Web terdiri dari beberapa halaman web yang saling terkait (linked) antara yang satu dengan yang lain dengan satu cara tertentu. Kebanyakan orang masih rancu dengan definisi ini sehingga mempersulit pemahaman selanjutnya.

Salah satu keunggulan World Wide Web adalah hyperlink. Hyperlink adalah teks (biasanya) berwarna biru dan (biasanya) bergaris bawah yang dapat di-click dan akan menuju ke halaman web yang lain. Hyperlink ini apat diletakkan di mana saja di dalam halaman web dan boleh diatur untuk menuju ke mana saja di seluruh web. Saat anda mengunjungi sebuah halaman web, anda dapat secara langsung meng-click sebuah hyperlink dan komputer ini akan mengambil (mendownload) situs/halaman yang dilink pada hyperlink tersebut dan menampilkannya di web browser.Umumnya, perancang situs web meletakkan banyak hyperlink di situs mereka untuk membantu para pengunjung situsnya untuk menemukan situs lain yang terkait dengan situs tersebut. Hyperlink-hyperlink ini dapat menghubungkan dengan situs lain di server lain di seluruh dunia.

 

  1. Wide Area Information Servers (WAIS)

 

Wide Area Information Server (disingkat menjadi WAIS) adalah sebuah sistem pencarian dan pembukaan dokumen di Internet yang berbasis sistem operasi UNIX yang dapat digunakan untuk mencari dokumen pada lebih dari 500 pustaka WAIS (yang disebut sebagai WAIS Library) di Internet seperti halnya Project Gutenberg (situs buku elektronik gratis), dengan menemukan berkas-berkas yang telah diindeksasi yang cocok dengan keyword (kata kunci) yang dimasukkan oleh pengguna. WAIS juga dapat digunakan sebagai mesin pencari (search engine) dalam sebuah situs web individual.

WAIS yang dikembangkan oleh Thinking Machines Corporation, Apple Computer dan Dow Jones menggunakan standar Z39.50 untuk memproses natural language query yang dimasukkan oleh pengguna. Daftar dokumen yang dikembalikan oleh WAIS seringnya tidak cocok dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Untuk dapat mengakses server WAIS, pengguna membutuhkan klien WAIS, karena memang WAIS merupakan sistem berbasis klien/server.

 

 

I.     VOIP

VoIP (Voice Over Internet Protocol) adalah suatu teknologi yang memungkinkan percakapan suara melalui internet. Konsepnya adalah sumber suara yang berupa isyarat analog diubah menjadi isyarat digital, dan suara dikirim melalui internet berupa paket-paket. Selain menggunakan IP VOIP juga memanfaatkan RTP (Real Time Protocol) agar paket-paket diterima tepat waktu.

 

Keuntungan VoIP :

1.      VoIP biaya komunikasi jarak jauh menjadi lebihj mudah, dengan kualitas yang lumayan.

2.      Pengelolahan internet dan jalur suara menjadi lebih sederhana dengan jaringan yang sama.

3.      Memungkinkan aplikasi seperti pertemuan rapat online (e-conference).

 

Kelemahan-nya adalah kualitas suara yang mungkin buruk akibat rintangan dalam jaringan internet yang sibuk.

BAB III

PENUTUP

 

  1. A.    KESIMPULAN

Sebuah jaringan komputer adalah prosedur beserta berbagai metode teknis untuk saling menghubungkan berbagai alat dan sumber daya komputer yang ada (interkoneksi), sehingga dapat saling bertukar data atau bertukar informasi, dengan menggunakan sumber daya dalam jaringan yang ada secara bersama-sama.Misalnya seseorang dapat menggunakan layanan internet dengan satu line telepon (Dial Up atau ISDN) berikut satu internet account dari provider. Untuk kemudian diatur sedemikian rupa, sehingga semua orang dalam kantor dapat menikmati fasilitas internet yang dibagi-bagi tersebut.  Sejarah awalnya Internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka. Saat ini pengguna Internet tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 250 juta orang. Berikut ini sumber-sumber daya internet yang dapat dilakukan manusia untuk berkomunikasi lewat jaringan internet.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

Daftar pustaka

 

http://aminudin.net/ftp-server/

http://urangsundamedok.blogspot.com/

http://elektro.unand ac.id

http://doichwana.blogspot,com

http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/www/4-apaitu_www.html

http://lady-april.blogspot.com/2011/01/pengertian-telnet.html

http://www.feriantano.com/2013/09/pengertian-jenis-dan-fungsi-dari-ftp.html

http://rrshnaz.blogspot.com/2012/02/pengertian-gopher-dan-fungsinya.html

http://www.pesona.com/thias/index.html

 

 

 

Tinggalkan komentar